Berita Fakultas

Fh Kkl Bali
10 Oktober 2019


Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Wahid Hasyim Semarang melaksanakan KKL (kuliah Kerja Lapangan  (KKL)  selama lima hari di Bali. KKL diikuti oleh mahasiswa semester akhir baik pagi amaupun kelas sore. Pemberangkatan mereka dipusatkan di halaman kampus Unwahas, Sampangan, Semarang, pada Jumat (4/10/2019). Adapun tujuan KKL dipusatkan di empat titik, Desa adat Penglipuran, Polda Bali, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Krobokan serta ke Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Tanah Lot, dan Bedugul .Selain itu para mahasiswa yang datang didampingi tujuh dosen dan pegawai dipimpin langsung Dekan FH Unwahas, Dr. Mastur bakal mengajak mereka ke berbagai tempat kunjungan Instansi dan wisata,  seperti pantai Kuta, Joger, Bedugul, Pantai Dream Land, Tanah Lot dan PT Pie Susu.

KKL yang dilakukan fakultasnya bukan hanya jalan-jalan refresing semata. Melainkan juga menekankan proses pembelajaran sebagaimana yang ada di program study ilmu hukum. Usai pelaksanaan KKL tersebut mahasiswa diwajibkan membuat laporan, sesuai sistematika khusus, layaknya laproan tugas akhir. Dengan adanya KKL ini, Yurida, berharap para mahasiswa peka terhadap lingkungan, dapat mempraktikkan ilmu di dalam kelasnya di lapangan sesungguhnya yaitu di kehidupan nyata dan mahasiswa dituntut untuk memiliki jiwa profesionalitas, ulet, gigih, tak mudah putus asa, dan mampu bekerja tim yang nantinya akan dibutuhkan di lapangan kerja.

Dekan Fakultas Hukum  Unwahas, Dr Mastur, menjelaskan, KKL bukan merupakan hal yang asing bagi mahasiswa. Kegiatan KKL merupakan kegiatan yang memadukan penelitian, observarsi, kunjungan wisata, lembaga atau instansi yang berhubungan dengan penelitian. Sedangkan KKL di kampusnya merupakan salah satu program akademik yang setiap tahunnya dilaksanakan untuk membekali mahasiswa keterampilan lapangan, kemampuan analisis dalam memanfaatkan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.

"Dengan diadakannya KKL, diharapkan mahasiswa dapat mempertanggungjawabkan hasil pengamatannya selama KKL dilapangan. Nanti hasil laporan KKL akan dipresentasikan sehingga bisa menjadi contoh kepada adik-adik mahasiswa lainnya,"kata Mastur, didampingi sejumlah dosen yang mengawal mahasiswa, Dr Bahrul Fawaid, Dr. Muchamad Arif Agung Nugroho, dan Dr. M. Shidqon Prabowo. (Humas FH)


Image placeholder
by. Humas fh
Kamis,2019-10-10