Profil Fakultas Hukum

SEKILAS FAKULTAS HUKUM

Program Studi Ilmu Hukum diselenggarakan berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 1171/D/T/2005 tanggal 7 April 2005 Perihal Ijin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Hukum (S1) pada Universitas Wahid Hasyim Semarang yang diperbaharui dengan Surat Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No. 561/D/T/2005, tanggal 6 Maret 2008, Perihal  Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Hukum Strata Satu (S1) pada Universitas Wahid Hasyim.  Pertama kali menerima mahasiswa pada tahun 2005. Pada tahun 2012 telah terakreditasi peringkat B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Keputusan BAN-PT Nomor 025/BAN-PT/Ak-XV/S1/VIII/2012.
Program studi dikelola oleh Fakultas Hukum, dipimpin oleh  Dekan yang secara ex officio menjabat sebagai Ketua Program Studi. Dalam menjalankan tugasnya, Dekan/Ketua Program Studi dibantu oleh Wakil Dekan, 6 (enam) orang Ketua Bagian (Bagian dasar-dasar ilmu hukum, Bagian Hukum Pidana, Bagian Hukum Perdata, Bagian HTN-HAN, Bagian Hukum Acara, Bagian Hukum dan Masyarakat), Kepala Laboratorium Peradilan Semu, staf administrasi, dan Unit Penjaminan Mutu Fakultas. Tugas dan wewenang pejabat dan staf telah dideskripsikan secara jelas dalam Peraturan Yayasan No 135/Per.YWH/X2014. Pelaksanaan pekerjaan telah mengikuti prosedur-prosedur standar yang tercantum dalam Prosedur Operasional Standar (POS/SOP).
Fakultas menciptakan suasana kerja yang kondusif dan menerapkan aturan-aturan yang ditetapkan dengan memberikan reward and punishment. Sistem merit digunakan dalam pengembangan sumber daya manusia. Fakultas membangun suasana kekeluargaan untuk membangun kebersamaan dalam pengembangan individu maupun organisasi.

Visi

Menjadi Program Studi Ilmu Hukum yang unggul secara komparatif dan kompetitif dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang profesional, yang berkarakter nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jamaah dan mendapat pengakuan ditingkat regional dan nasional di tahun 2025”

Misi

Mencetak sarjana hukum yang profesional, dalam konteks :

a.     Menyelenggarakan pendidikan terbaik dan unggul secara komparatif dan kompetitif dalam membentuk sarjana hukum profesional yang mempunyai karakter Ahlu Sunah Wal Jama’ah  dan mendapat pengakuan di tingkat regional dan nasional.

b.     Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah yang profesional terhadap perkembangan ilmu hukum dan permasalahan hukum ditingkat regional dan nasional.

c.     Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan IPTEK.

d.     Melakukan evaluasi reguler/teratur untuk meningkatkan kualitas, akuntabilitas dan akreditasi. 

 

Sambutan Dekan Fakultas Hukum

Assalamualaikum Wr. Wb

Fakultas Hukum adalah bagian terpenting dari Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS) yang merupakan perguruan tinggi terpercaya di Jawa Tengah yang berkembang pesat dan didedikasikan secara terbuka untuk semua kalangan (lintas agama, suku bangsa, dan negara) bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang memiliki intelektualitas tinggi dan berkarakter nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jamaah . Program Studi Ilmu Hukum merupakan Progdi yang lahir belakangan pada tahun 2005 dengan keluarnya SK Dirjen Dikti No. 1171/D/T/2005 tanggal 7 April 2005, Perihal Ijin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Hukum (S1) pada Universitas Wahid Hasyim Semarang yang diperbaharui SK Dirjen Dikti  No. 561/D/T/2005, tanggal 6 Maret 2008, Pertama kali menerima mahasiswa pada tahun 2005. Pada tahun 2012 telah terakreditasi peringkat B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Keputusan BAN-PT Nomor 025/BAN-PT/Ak-XV/S1/VIII/2012.

Fakultas Hukum UNWAHAS dikelola secara modern dan profesional, ditunjang dengan sarana dan prasarana milik sendiri, serta didukung infrastruktur kegiatan akademik yang lengkap, interaktif, dan inovatif bagi pengembangan wacana keilmuan dan ketrampilan mahasiswa. Kurikulum senantiasa disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja. Sumber daya manusia yang terlibat memenuhi standar kualifikasi akademik terbaik, kompeten dan berdedikasi. Fakultas Hukum menjalin kerjasama dengan berbagai Instansi Pemerintah, Swasta, Instansi Penegak Hukum. Meskipun prodi baru dilingkungan UNWAHAS, yang memasuki usia 14 tahun, Fakultas Hukum UNWAHAS menjadi Fakultas pilihan masyarakat Jawa Tengah khususnya dalam meraih cita cita dan pengembangan karir bagi mahasiswa yang sudah bekerja dengan berbagai pilihan Minat, Perdata, Pidana, HAN/HTN,Hukum,Hukum Internasional. Fakultas Hukum UNWAHAS merupakan pilihan tepat untuk meraih cita cita dan  meniti karier di instansi pemerintah, swasta,

Wassalmaulaikum Wr. Wb

 

Pimpinan Fakultas Hukum

Dr.Mastur, SH, MH

Dekan Fakultas Hukum

Dr. M Shidqon Prabowo, SH, MH

Wakil Dekan Fakultas Hukum

M Arief Agung Nugroho, SH, MH

Ketua BKLH

Riesa Dharma Bahriani, SH, MH

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Fakultas Hukum

Putri Wahyuningsih, SH

staf keuangan dan Pelayanan Mhs

Senat Fakultas Hukum

Dr. Mastur, SH, MH

Ketua Senat Fakultas

Dr. M Shidqon Prabowo, SH, MH

Sekertaris Senat Fakultas

Prof. Dr Mahmutarom HR, SH, MH

Anggota

M Arief Agung Nugroho, SH, MH

Anggota

Dr Suparmin, SH, MHum

Anggota

Dosen Fakultas Hukum

Dr.Mastur, SH, MH

Dosen

Prof. Dr Mahmutarom HR, SH, MH

Dosen

Dr. M Shidqon Prabowo, SH, MH

Dosen

Dr. Bahrul Fawaid, SHI, MSI

Dosen

Dr. Endar Susilo, SH, MH

Dosen

Pudjo Utomo, SH, MH

Dosen

M Arief Agung Nugroho, SH, MH

Dosen

Anto Kustanto, SH, MHum

Dosen

Dr Iqbal Wibisono, SH, MHum

Dosen

Dr Suparmin, SH, MHum

Dosen

Yurida Zakky Umami, SH, MH

Dosen

Dr Edith Ratna Mulyaningrum, SH, SpN

Dosen

Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Hukum